Tuesday, November 19, 2019

Apa Itu Backlink ???

Pengertian Backlink 


Backlink adalah ketika sebuah website menautkan sebuah link ke website lain.Misalnya, Website A membuat konten mengenai “cara membuat donat” pada artikel tersebut si penulis ingin meletakkan atau membuat link di tulisan “harga tepung” yang terdapat di website B. Jadi Si Penulis melakukan backlink ke website B.Jadi pada dasarnya backlink merupakan suatu metode dimana si pemilik/pengguna website meletakkan link / tautan yang diarahkan kepada website lain.




Adapun Perbedaan Dari Backlink ( eksternal link ) Dengan ( Internal Link )


- External link (Backlinks)


Merupakan link / tautan yang mengarah ke website lain. Faktanya adalah banyak ahli SEO mengatakan bahwa external linking merupakan suatu metode yang sangat penting dalam membantu suatu website mendapatkan rangkin power (Dorongan agar suatu halaman website mendapatkan halaman 1 Google)

- Internal Link


Link Internal adalah link yang menunjuk pada (target) domain yang sama dengan domain yang ada pada link (sumber) atau di dalam blog itu sendiri. Dalam istilah awam, tautan internal adalah tautan yang mengarah ke laman lain di situs web yang sama.

Pada dasarnya internal link juga berpengaruh untuk upaya SEO, yaitu dengan selalu menautkan konten yang terkait kedalam artikel website atau halaman web. Hal ini dapat membantu Search Engine dalam meng-crawl ( meng-index memahami konten anda ) atau menganalisa banyaknya halaman pada situs anda.

Apakah Backlink Sangat Penting


Backlink sangat penting digunakan dalam dunia bisnis anda karena untuk menaikkan sebuah website atau mendorong website anda menjadi halaman "satu" di mesin pencari.intinya, backlink ke situs anda adalah sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten anda bagus, dan juga dapat membantu mereka. Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword ( kata kunci ) yang berhubungan.

Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal dapat dilihat, dicari dan diamati dalam mesin  pencarian.

Manfaat Backlink Bagi Website Anda


  • Setiap link yang terhubung dengan halaman website anda bisa dikatakan bahwa website tersebut layak dibagi ke pembaca. Saat mesin pencari menemukan sebuah website yang memiliki eksternal link, mesin pencari mengartikan bahwa website tersebut memiliki kualitas informasi yang baik.
  • Semakin banyak jumlah Backlink dari website terkenal maka nilai SEO nya semakin besar. Namun sampai saat ini mesin pencari tidak dapat mengukur kualitas setiap website, karena itu mereka mengandalkan jumlah backlink yang mengarah kepada website tersebut.
  • Meskipun demikian, anda harus memikirkan pentingnya positif link terhadap website Anda. Misalnya ketika anda meluncurkan produk baru dan semua orang membicarakannya di media sosial.Dan konten tersebut akan langsung berhubungan dengan website yang anda miliki. Untuk menemukan website eksternal yang tepat untuk menarik target pasar ke website anda, anda harus memperhatikan website-website mana yang memiliki  link ke website anda.


Cara Memaksimalkan Backlink Dengan Baik


Jika Anda selama ini memanfaatkan backlink sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan SEO di website Anda, tentunya terknik backlink merupakan teknik yang tidak asing lagi. Hal itu dikarenakan teknik backlink dipercaya dapat meningkatkan hasil pencarian dalam menampilkan website yang anda optimasi.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memaksimalkan SEO dalam menggunakan backlink. Beberapa catatan yang kita highlight disini adalah ekternal backlink. Mengapa demikian, terkadang yang kita ketahui dalam external backlink adalah penerapan backlink yang tidak akurat. Sebagai contoh, ada website Gaming yang memberikan backlink pada website dengan informasi anime. Hal itu menjadi pertanyaan akan kualitas backlink yang diberikan, sehingga mengurangi kualitas backlink yang diberikan yang berdampak buruknya citra website dimata mesin pencarian google.



Tidak hanya itu, terkadang juga penerapan internal backlink yang berlebihan. Jika dulunya penggunaan artikel berfungsi maksimal dalam meningkatkan kualitas internal backlink, namun yang terpenting disini adalah sebagaimana artikel yang kita berikan akurat dengan konten yang sedang disajikan.

Sehingga ada baiknya anda membuat terkait artikel dengan informasi yang masih mengarah pada kategori yang sama. Hal ini tentunya akan membuat website anda menjadi akurat dan tepat dengan informasi yang sedang dilihat oleh pengguna.

Macam-Macam Backlink


Nah, berikut ini Macam-Macam Backlink yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Optimasi Website.

1. Contextual Backlink


Biasanya untuk mendapatkan backlink dari jenis ini hanya cukup membuat artikel atau post saja, yang mana di dalamnya kita sisipkan link yang mengarah ke halaman website kita. Kita hanya perlu mencari website yang menyediakan.Biasanya, contextual backlink terdapat di bagian tengah sebuah artikel. Contoh website yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan backlink atau membangun backlink, yaitu seperti Blogspot, Wordpress, Kaskus, dll.

2. Blog Comment Backlink


Jenis backlink yang satu ini sangat mudah didapatkan, hanya mencari website yang mempunyai artikel yang di bawahnya ada kolom komentar, kita bisa langsung meletakkan link website kita di sana. Namun, perlu diketahui, tidak semua website, artikelnya bisa kita komentari, kita harus mencari website dengan tema sejenis atau sejenis dengan website milik kita. Kemudian website yang ingin kita komentari tersebut harus mempunyai otoritas yang tinggi.


3. Link Profile Backlink


Jenis backlink ini juga mudah untuk mendapatkannya, biasanya terdapat pada social media atau akun tempat kita mendaftar di sebuah website komunitas. Kita hanya perlu mengisi biodata yang ada pada setting profile, di sana biasanya akan ada kolom untuk mengisi link website. Dengan begitu, kita sudah mendapatkan backlink dari profile.

4. Social Media Backlink


Untuk mendapatkan backlink dari social media, ada banyak cara. Kalian bisa mendapatkan backlink jika meletakkan link website pada biografi, bisa dengan cara share link website kalian di beranda atau bisa dengan cara membuat note. Namun, kebanyakan website social media membuat website mereka menjadi nofollow dan biasanya backlink yang didapatkan hanya hasil redirect ( Mengarahkan url yang berbeda ) saja.


5. Backlink Web 2.0


Web2.0 itu bisa berbentuk wordpress, tumbler, blogger dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan backlink ini dengan gratis misalnya menggunakan software seo seperti  ranked, money robot dan lain sebagainya. Di dalam software tersebut, ada banyak sekali jenis web2.0 yang mungkin tidak bisa saya sebutkan satu per satu. anda bisa membaca artikel tentang memilih jasa seo tanpa backlink yang cukup berpengaruh untuk anda.


6. Rss Feed


RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Terkadang disebut dengan feed atau RSS feed. RSS adalah tipe web feed yang mengizinkan user dan aplikasi untuk menerima update reguler dari website atau blog yang mereka pilih.

7. Iklan Baris


Iklan baris (bahasa Inggris: Classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terperinci dalam bentuk teks.Disini kita juga dapat mendapatkan back-link untuk menaikkan website kita.