Friday, November 1, 2019

Apa Arti Dalam Sebuah Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Adalah sebuah proses dalam melakukan tindakan atau menciptakan sesuatu dengan cara yang kreatif dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Sejarahnya, arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan.Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti: pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti: bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.



Tujuan kewirausahaan
Berikut ini adalah tujuan dari kewirausahaan:

  1. Membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain dan membantu mereka untuk menjadi pengusaha mandiri.
  2. Menciptakan jaringan bisnis yang baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja di sekitarnya.
  3. Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan juga masyarakat di sekitar usaha yang dijalankan dengan membuka lapangan kerja.
  4. Menularkan dan mengembangkan semangat berwirausaha kepada orang lain.
  5. Membantu para pengusaha muda untuk berkreasi dan berinovasi.

Perbedaan antara wirausaha dan kewirausahaan

Disini kebanyakan orang semua megira bahwa wirausaha dan kewirausahaan itu sama.Dan pada akhirnya itu berbeda.

Wirausaha lebih tepatnya mengarah kepada  orang yang memiliki usaha secara mandiri dengan semua sumber daya yang ia miliki.


Sedangkan,Kewirausahaan adalah suatu kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang kreatif dan  bermanfaat bagi banyak orang. 

Proses Jika Anda Ingin Menjadi Seorang Wirausahaan


Berikut proses menjadi seorang wirausahaan:

1.Mencari Masalah Dan Peluang

Jika ada masalah pastinya banyak orang yang ingin mencari penyelesaiannya. Jika anda menawarkan penyelesaian untuk masalah ini, maka peluang besar untuk kemajuan kewirausahaan anda akan terbuka lebar.

Oleh karena itu,  jika anda ingin memulai kewirausahaan mulai cari masalah dalam (kewirausahaan)  masyarakat yang mendasar sesuai dengan bidang yang anda tekuni lalu cari solusi dari masalah tersebut. Karena terkadang peluang itu tidak datang dengan sendirinya tapi harus dibuat.

2. Menentukan Besar Kecilnya Peluang

Agar kewirausahaan sukses, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah    mengenai besar kecilnya peluang yang anda miliki. Ketika anda menemukan masalah, maka hal penting yang perlu dilakukan adalah mengetahui seberapa dalam masalah tersebut dan seberapa banyak orang yang merugi karena masalah tersebut.

Makin banyak yang mengalami masalah, maka makin besar peluang yang anda miliki. Selain itu untuk mengetahui besar kecilnya peluang ini anda juga perlu membuka diri pada komunitas karena mereka bisa memberikan pandangan baik terhadap masalah yang ingin anda selesaikan.

3. Perencanaan


Ketika peluang sudah terbentuk, maka hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan perencanaan. Perencanaan ini digunakan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai usaha anda. Mulai segmen (pengelompokan target)  pasar, syarat produksi, rencana keuangan, organisasi dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan modal.

4. Mulai Mencari Sumber Daya

Setelah melakukan perencanaan dasar dalam usaha, maka anda perlu mulai melakukan pencarian sumber daya. Pencarian sumber daya ini dilakukan untuk mendapatkan sumber daya yang termurah guna produksi produk anda. Jika produk anda adalah jasa, carilah sumber daya manusia yang belum terampil dan bisa anda didik untuk mendapatkan modal yang lebih kecil.

5. Mulai Usaha

Jika semuanya sudah beres, maka mulailah melakukan usaha anda. Disinilah keberanian diperlukan. Keberanian dalam mengambil sikap dan resiko untung dan rugi di masa depan.