Thursday, November 7, 2019

Digital Marketing Untuk Makanan

Apa Itu Digital Marketing Makanan

   Digital marketing makanan adalah segala upaya yang dilakukan untuk mempromosikan produk makanan secara online atau dengan menggunakan media digital.Secara sederhana, teknik atau cara dalam mempromosikan sebuah brand atau merek makanan anda adalah dengan cara memanfaatkan media digital marketing agar bisnis anda lebih maju lagi.Hal ini tentunya dapat menarik konsumen atau calon konsumen secara tepat.



Tujuan Digital Marketing Untuk Makanan

   Tujuan dalam membangun pemasaran digital dalam suatu produk adalah untuk membantu meningkatkan suatu penjualan agar lebih bagus lagi.Adapun aktifitas pemasaran sendiri mencakup tentang,  deskripsi sproduk, desain produk, promosi produk, produk iklan, komunikasi kepada konsumen.
Adapun  tujuan dalam melakukan pemasaran sebagai berikut :

1. Memahami Pasar Dan Konsumen

   Tujuan utama dalam melakukan sebuah pemasaran digital marketing adalah memiliki pemahaman dalam mengenai pasar dan konsumen yang menjadi target potensial.Memahami persaingan, memahami kebutuhan, selera dan keinginan konsumen, dan memahami trend-trend yang muncul.

2. Membangun Popularitas Positif Untuk Produk

   Tujuan utama dalam promosi adalah untuk mendorong produk atau makanan yang akan kita jual akan lebih dikenal oleh banyak orang.Bila produk atau makanan sudah terkenal, maka akan dengan sendirinya produk anda akan terjual.

  Cara mendongkrak popularitas agar terkenal bisa digunakan dengan berbagai cara salah satunya adalah, melakukan pemasangan iklan, membuat konten, mengadakan event yang bisa mendekatkan  produk anda menjadi lebih terkenal lagi.

3. Kepuasan Konsumen

  Tujuan pemasaran yang terakhir adalah kepuasaan.Penjualan yang  terjadi hanya akan menjadi keuntungan sesaat bila tidak terjadi kepuasan,Artinya untuk tiap penjualan yang terjadi, diharapkan ada umpan balik yang bisa menjadi nilai lebih dari penjualan.Pencapaian tertinggi dalam melakukan pemasaran adalah ketika konsumen sepenuhnya terpuaskan dan  menjadi setia terhadap produk atau makanan dan memilih untuk tidak berpindah dari produk yang anda jual.
   
   Bahkan seketika anda mengalami masalah terkait produk atau makanan yang mereka beli, mereka bukan berhenti membeli tetapi mereka akan memberikan kritik dan saran.Dan dari kesetiaan inilah produk atau makanan bisa mendapatkan mesin pemasar yang mendororng munculnya konsumen baru.

Mengapa Menggunakan Digital Marketing Untuk Makanan

   Banyak yang bertanya, mengapa kita harus menggunakan digital marketing dalam melakukan sebuah bisnis atau berjualan secara online.Mengapa, karena digital marketing dapat melakukan pemasaran sebuah produk atau makanan yang dapat menjangkau ke seluruh wilayah-wilayah lainnya, agar produk atau makanan anda lebih dikenal oleh orang banyak.Dengan begitu, kesempatan dalam memperoleh pelanggan pun menjadi lebih besar.





Strategi Dalam Melakukan Digital Marketing Untuk Makanan 

Strategi bagaimana cara memasarkan produk baru adalah sebuah tantangan. Konsumen pasti akan memilih produk yang telah lama ada dan sudah lama digunakan. Untuk mencapai tujuan pemasaran, ada strategi pemasaran produk baru agar berhasil. Dibutuhkan strategi pemasaran yang unik untuk produk baru agar dapat mencapai sukses.

1. Promosi produk


Promosi adalah sebuah upaya untuk menawarkan produk, dapat menarik calon konsumen untuk membeli. Selain itu, tujuan promosi untuk menyebarluaskan informasi produk ke target pasar potensial, mendapat meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan  pelanggan, mengubah perilaku dan konsumen pendapat,menstabilkan penjualan dan meningkatkan manfaat dari produk dari pesaing.

Mengambil hati para pelanggan adalah bagian dari promosi. Mencoba untuk menawarkan produk dengan harga rendah untuk pelanggan Anda. 

2. Riset pemasaran


Strategi pemasaran berikutnya adalah riset pasar. Riset pasar diperlukan untuk menentukan potensi produk yang dijual kepada konsumen. Jika hasilnya positif, maka Anda dapat menjual produk Anda. Jika negatif, Anda perlu mengevaluasi dan paket produk Anda sedemikian rupa agar dapat diterima oleh konsumen.

3. Layanan konsumen


Melayani pelanggan Anda juga. Oleh karena itu, konsumen yang mendapatkan perawatan ekstra dari Anda, akan menjadi pelanggan setia. Menjadi salah satu tetangga Anda untuk konsumen. Memberikan kemudahan pembayaran kepada konsumen, jika perlu, memberikan diskon atau bonus. Meminta pelanggan Anda apa yang harus diperbaiki dan meminta nasihat untuk menargetkan pasar yang tepat.

4. Kualitas produk yang dijual


Menjual produk baru memiliki resiko. Jika produk Anda mengecewakan ketika pertama kali diluncurkan ke pasar maka konsumen akan meninggalkan Anda. Kualitas produk dapat dilakukan dengan menyediakan kebutuhan mereka. Produk baru ini harus diperlukan oleh orang banyak dan memiliki kualitas yang baik. Anda dapat bersaing dengan produk sejenis yang sudah lebih dulu merebut hati konsumen. Tetapi, dengan kualitas unggul, konsumen perlahan-lahan akan menyadari bahwa produk Anda lebih baik.