Tuesday, November 12, 2019

Cara Untuk Menaikkan Sekolah Anda Melalui Digital Marketing

Digital Marketing Untuk Sekolah


Sekolah adalah lembaga untuk para siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Nama-nama untuk sekolah ini bervariasi menurut negara (dibahas pada bagian Daerah di bawah), tetapi umumnya termasuk sekolah dasar untuk anak-anak muda dan sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar.





Sebenarnya digital marketing untuk sekolah adalah untuk mempromosikan sekolah itu sendiri agar banyak dikenali oleh para pelajar lain.dan bertujuan untuk meningkatkan para mahasiswa yang akan mendaftar atau bersekolah di sekolah tersebut.Dan digital marketing juga bisa membuat sekolah anda menjadi lebih dikenal oleh banyak orang, tidak dari satu wilayah saja bahkan sampai seluruh dunia.

Manfaat Sekolah Untuk Digital Marketing

Di zaman ini, semua orang sudah mengenali media elektronik seperti handphone, laptop,tablet dan lain-lain.Dan sebagian banyak orang juga sudah mengenal maupun menggunakan yang namanya media sosial, maka dari itu cara kita dalam mempromosikan sebuah sekolah sebenarnya sudah gampang tinggal kita yang harus melakukannya dengan sungguh-sumgguh.

Saat ini sudah banyak sekolah yang mempunyai website sendiri sebagai salah satu bentuk fasilitas sekolah baik itu untuk mempromosikan sekolah dan lain-lain. Suatu kelebihan tersendiri bagi sekolah jika sudah mempunyai website.

Adapun manfaat website bagi sekolah adalah :
  • Sebagai media informasi akademik bagi siswa dan wali murid,
  • Sebagai media untuk memaparkan prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih oleh sekolah,
  • Galeri foto sekolah,
  • Sebagai media untuk menginformasikan kabar terkini dari sekolah,
  • Tempat untuk menampilkan struktur organisasi yang ada di sekolah,
  • Media informasi bagi masyarakat luas, misalnya: visi dan misi, kegiatan-kegiatan sekolah, fasilitas      yang dimiliki, dan jurusan, 
  • Sebagai media promosi sekolah dalam mencari peserta didik baru,
  • Media informasi tentang kelulusan siswa dan alumni,
  • Media untuk menampilkan dokumentasi sekolah, seperti video profil sekolah dan video kegiatan.

Tujuan Promosi Sekolah Bagi Digital Marketing

Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi adalah :

  • Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu sekolah kepada calon pelajar yang potensial
  • Untuk mendapatkan pelajar baru dan untuk menjaga loyalitas pelajar tersebut
  • Untuk menaikkan nama sekolah serta keuntungan bagi sekolah tersebut
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan sekolah dibandingkan dengan sekolah lainnya 
  • Untuk membentuk sekolah yang lebih bagus di mata pelajar sesuai dengan yang diinginkan
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat pelajar tentang suatu sekolah tersebut.

Strategi Dalam Mempromosikan Sekolah Anda Melalui Digital Marketing




Tentukan Target Dan Tujuan 


Kamu terjun ke dunia digital marketing untuk mempromosikan sekolah Kamu, sekolah merupakan langkah paling awal untuk menciptakan strategi digital marketing yang efektif. Tanpa mengetahui apa yang dituju atau ditarget, kemungkinan besar “bidikan” Kamu akan meleset. Ibaratnya, Kamu sedang berburu tanpa tahu apa hewan yang harus diburu. Oleh sebab itu, buat tujuan Kamu sejelas dan sespesifik mungkin.

Sebagai contoh, Kamu ingin meningkatkan jumlah pendaftar hingga 20% dari tahun ajaran sebelumnya. Demi bisa mencapai suatu tujuan tersebut dan mengukur hasil kesuksesan digital marketing yang nanti didapat, Kamu akan membutuhkan data-data dari tahun-tahun ajaran sebelumnya sebagai perbandingan.

Menentukan Audiens (sasaran)


Jika memang meningkatkan jumlah pendaftar merupakan tujuan sekolah Kamu, ada dua target audiens yang bisa Kamu sasar, yakni calon murid dan orang tuanya. Setelah mengetahui target audiens yang disasar, baru Kamu bisa melakukan pendekatan untuk mengenal mereka lebih jauh, seperti isu yang sedang diperbincangkan, di mana bisa menemukan mereka, hingga hal-hal yang memotivasi mereka untuk melakukan pembelian.menentukan tujuan sekolah memiliki peran penting agar bisa terus menerapkan berbagai strategi digital marketing selanjutnya.

Semakin baik Kamu mengenal target audiens, semakin mudah bagi Kamu untuk menciptakan materi online sebagai strategi digital marketing dan membuat mereka lebih tertarik dengan sekolah Kamu. Cari tahu data target audiens Kamu, mungkin Kamu ingin menarget keluarga yang memiliki latar belakang sosial ekonomi tertentu, calon murid yang berasal dari sekolah swasta, dan lain sebagainya. Perbedaan-perbedaan tersebut membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Perbaiki Website Resmi Sekolah


Pada strategi digital marketing untuk sekolah, website sepertinya menjadi platform terbesar bagi sekolah untuk melakukan iklan, jadi dapat dibayangkan betapa pentingnya perangkat satu ini. Sekolah Kamu mungkin sudah memiliki website resmi, namun apakah website tersebut sudah cukup efektif untuk mencapai sebuah tujuan yang Kamu tentukan sejak awal, Apakah website sekolah Kamu yang sekarang mampu “berbicara” kepada target audiens Kamu.

Kemungkinan besar Kamu harus melakukan perombakan terhadap website sekolah Kamu. Pengunjung website sekolah harus bisa segera mendapatkan pesan tentang isu yang diangkat sekolah Kamu dan hal-hal yang ditawarkan kepada mereka. Cantumkan blog khusus sebagai bagian dari website untuk membahas topik-topik seputar dunia sekolah, seperti tips belajar, cara cepat menghapal rumus, dan lain sebagainya. Mengingat ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membuat atau merombak website, jangan ragu untuk merekrut jasa web desainer apabila memang diperlukan.

Update Teknologi Mobile (handphone,tablet dan lain-lain)


Mengingat popularitas smartphone yang semakin meningkat dan variannya yang beragam, bukan tidak mungkin jumlah persentase tersebut juga ikut bertambah. Jika Kamu ingin agar material digital marketing, terutama website, dapat diakses oleh target audiens, sebaiknya Kamu memastikan bahwa website Kamu memiliki tampilan yang mendukung bagi para pengakses mobile. 

Maka dari itu, di samping memperbaiki tampilan website untuk layar desktop, sekolah Kamu perlu menciptakan website dengan tampilan mobile yang dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar perangkat mobile apapun. Dengan kata lain, website sekolah Kamu haruslah mobile responsive. Selain itu, pastikan juga Kamu meletakkan informasi kontak pada posisi yang mudah untuk diklik dan sertakan link menuju area lain dalam website yang sekiranya akan diminati target audiens.

Manfaatkan Media Sosial


Mengecek media sosial bahkan mungkin sudah menjadi aktivitas pertama yang dilakukan begitu bangun dari tidur. Sebuah riset  menunjukkan bahwa mayoritas remaja menggunakan media sosial, terutama Facebook, untuk mendapat lebih banyak informasi tentang tempat-tempat di sekitar mereka sekaligus terhubung dengan brand online favorit mereka.




Lebih dari sekadar institusi pendidikan, tiap sekolah sebenarnya juga merupakan suatu brand dengan image-nya masing-masing.Melalui media sosial, berilah informasi tentang event-event mendatang, berbagai tips belajar, dan post foto yang menunjukkan kegiatan sehari-hari di sekolah Kamu. Hal ini akan memberi gambaran pada calon murid tentang pengalaman bersekolah di tempat Kamu, sehingga menambah informasi mereka dan proses pengambilan keputusan pun bisa lebih maksimal.

Adapun Dampak Dari Digital Marketing 

Namun di balik kemudahan melakukan bisnis online ternyata ada efek positif dan negatif yang ditimbulkan, berikut ini ada beberapa efek positif dan negatif dari bisnis online yaitu:

Dampak Positif


  • Tidak membutuhkan modal usaha yang besar.
  • Menjangkau pasar yang sangat luas bila dibandingkan toko offline.
  • Biaya operasional yang dikeluarkan cenderung lebih murah dibandingkan toko offline.
  • Banyak memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.
  • Waktu kerja bisnis online bisa dilakukan secara fleksibel.
  • Mudahnya pelayanan yang bisa diberikan kepada konsumen.


Dampak Negatif


  • Stress.
  • Lupa waktu, jika anda terlalu asyik dalam bisnis online anda.
  • Dehidrasi, jika lupa minum.
  • Mata menjadi lelah, jika anda seharian penuh online.
  • Anda bisa lelah dan sakit, jika tidak bisa mengatur jadwal melakukan bisnis online.