Monday, November 11, 2019

Cara Untuk Memasarkan Usaha Restoran Anda Di Dunia Online

Pengertian Restoran Untuk Digital Marketing

Restoran adalah istilah umum untuk menyebut usaha yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya.

Sedangkan menurut digital marketing, restoran adalah suatu cara untuk memperkenalkan suatu usaha dari restoran tersebut dengan cara melakukannya  secara online.Yang bertujuan untuk meningkatkan isi dari restoran tersebut seperti : makanan,minuman serta pelayanannya agar orang lain saat melihat tertarik dengan restoran tersebut.Dengan melakukan digital mareketing di bisnis restoran anda maka restoran anda pun semakin banyak dikenal orang banyak tidak hanya di dalam negeri bahkan bisa sampa luar negeri.


8 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

  • Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet
  • Menghasilkan Penjualan yang Tinggi
  • Membuat Anda Lebih Hemat
  • Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time.
  • Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone) 
  • Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi
  •  Membantu Anda Bersaing dengan Perusahaan Besar
  • Menjaga Posisi Anda Terhadap Pesaing

Menentukan Target  Pasar Digital Marketing

Konsumen Anak Muda/ Mahasiswa

Dalam kesehariannya anak muda merupakan konsumen paling royal. Mereka biasanya tidak terlalu perhitungan dalam membelanjakan uang. Anak muda juga merupakan konsumen yang paling suka berkumpul dengan teman-temannya, hal ini dapat Anda jadikan strategi bagaimana membuat agar tempat usaha Anda bisa menjadi tempat bagi mereka berkumpul. Dan kesempatan ini pun akan mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Konsumen Anak-Anak

Anak-anak biasanya menyukai jenis makanan yang digoreng, makanan manis atau es krim dan makanan yang tidak mengandung sayuran. Pangsa pasar anak-anak dapat di bidik apabila tempat usaha Anda berada di pusat keramaian yang dikunjungi anak-anak, seperti: taman bermain, dokter anak, atau pusat perbelanjaan.

Konsumen Keluarga strategi bisnis kuliner

Tempat makan yang memiliki pangsa pasar keluarga biasanya akan memberikan suasana yang sejuk, nyaman dan tenang dengan menghadirkan unsur rekreasi dan keindahan. Memilih pangsa pasar keluarga berarti siap dengan variasi menu yang juga harus mampu mewakili selera semua usia mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek.

Selain tiga jenis konsumen diatas, ada satu jenis konsumen lagi yang mungkin dapat Anda bidik yaitu pengunjung mall. Pengunjung mall yang kebanyakan bersifat royal dan berani membelanjakan uangnya dalam jumlah besar dapat menjadi salah satu kelebihan jika Anda menjalankan bisnis kuliner Anda di mall. Apalagi jika mall tersebut ramai dikunjungi konsumen.

Di balik kelebihan menjalankan bisnis Anda di mall, ada beberapa kendala yang harus diketahui. Pertama yaitu biaya sewa tempat yang sudah pasti tidak murah, membuat Anda harus memiliki modal yang ekstra juga. Kedua, gerai yang disiapkan oleh pihak mall biasanya berukuran kecil, sehingga tidak banyak ruang kosong yang dapat digunakan untuk meletakkan peralatan masak. Jadi Anda harus membawa masakan dalam keadaan setengah jadi, sehingga di mall tinggal memanaskannya saja.


    Dengan strategi pemasaran yang sesuai, Anda dapat membangun identitas brand Anda, meningkatkan kesadaran (awareness), memperluas dan memperkuat jangkauan Anda, mendorong keterlibatan pelanggan Anda, serta memperbanyak pelanggan dan transaksi Anda pada akhirnya.
    • Daftar Platform Pencarian Restoran
    • Manfaatkan SEO
    • Gunakan Media Sosial
    • Pasang Iklan di Facebook & Google


    Berikut ini, beberapa ide dan strategi pemasaran restoran yang dapat membantu Anda untuk menyusun rencana pemasaran restoran yang efektif yang akan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi lebih sukses :

    Strategi Dalam Memasarkan Usaha Restoran Di Dunia Online

    1. Daftarkan Usaha Anda pada Platform Layanan Pencarian Restoran

    Situs serta aplikasi pencarian dan penemuan restoran dan portal ulasan online seperti Zomato digunakan secara luas oleh para penikmat kuliner untuk mencari dan menemukan restoran-restoran. Selama bertahun-tahun, platform-platform ini telah menjadi tempat bagi pengguna online untuk mencari dan menemukan restoran favoritnya.Selain layanan pencarian atau direktori restoran, ada juga platform-platform yang berfokus pada layanan pemesanan restoran serta platform yang mengumpulkan ulasan-ulasan online dari para penikmat kuliner.

    Di Indonesia, sudah banyak situs dan aplikasi yang menawarkan layanan-layanan tersebut seperti Zomato dari India yang sudah masuk ke Indonesia semenjak tahun 2013 lalu, dan banyak lagi startup lokal yang sudah mulai menawarkan usaha serupa.Dengan mendaftarkan usaha Anda pada aplikasi-aplikasi tersebut, restoran Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat yang tadinya tidak mengetahui brand Anda.

    Bayangkan, jika restoran Anda tidak terdaftar di salah satu portal atau aplikasi tersebut, restoran lainlah yang akan menjadi pilihan penggunanya. Maka dari itu, implementasikan strategi pemasaran yang bisa dibilang cukup mudah ini dan segeralah daftarkan usaha Anda sebanyak mungkin agar dapat dikenal oleh orang banyak.

    2. Manfaatkan SEO untuk Menjangkau Pelanggan

    SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat sebuah situs atau halaman web dari hasil pencarian tak berbayar atau organik dari sebuah search engine.

    Dengan kata lain, SEO berarti melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web Anda, situs web atau halaman Anda tersebut akan tampil di halaman awal dari daftar hasil pencarian keyword tersebut.

    SEO ini jelas merupakan salah satu strategi pemasaran yang layak dipertimbangkan untuk restoran Anda. Kata kunci atau keyword seperti restoran "disekitar saya" memiliki 7.480.000 jumlah penelusuran bulanan di Google.

    Jika Anda bisa menanamkan SEO keyword tersebut di situs Anda dan dapat muncul pada halaman-halaman awal, bayangkan seberapa banyak orang yang menjadi tahu usaha Anda.

    3. Gunakan Media Sosial dengan Efektif

    Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di awal artikel ini, menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial yang aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia. Dapat Anda lihat bahwa media sosial merupakan peluang dan pilihan strategi pemasaran yang sangat besar bagi Anda untuk memasarkan usaha jika digunakan dengan baik.

    a. Tentukan media sosial yang sesuai

    Apa saja yang bisa Anda lakukan dengan akun media sosial usaha Anda? Pertama, Anda harus mencari tahu media sosial apa  yang sering digunakan target pasar Anda.

    Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengetahui siapa target pasar Anda, dan kemudian mencari media sosial mana yang paling sering mereka gunakan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya Anda dan memanfaatkan sumber daya Anda dengan lebih baik.

    Tetapi, jangan terpaku pada hanya satu media sosial saja. Walaupun saat ini Instagram merupakan media yang sangat populer dan kerap digunakan oleh banyak usaha kuliner di Indonesia, Anda juga sebaiknya membuat Facebook Page dan juga akun di Twitter untuk memberitakan promo-promo yang sedang berlangsung. Jangan lupa untuk terus meng-update konten di media sosial Anda.

    b. Pembuatan Konten (Implementasikan Ugc)

    Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah promosi menggunakan user-generated content (UGC). Strategi ini merupakan alat yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

    UGC dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari me-repost atau memposting ulang apa yang telah di post oleh pelanggan Anda ke akun restoran Anda sampai membuat kontes foto makanan restoran Anda di Instagram dan memposting ulang pemenangnya.

    c. Dapatkan Banyak Follower (Gaet Influencer)

    Anda juga bisa menggaet influencer (akun-akun media sosial yang memiliki banyak follower) dan food blogger terkenal untuk membantu meningkatkan popularitas brand  Anda.

    Kirimkanlah makanan gratis kepada mereka dan mereka akan membagikan ulasan mengenai produk Anda kepada pengikutnya. Mereka juga dapat menampilkan restoran Anda di blog atau media sosial mereka yang akan menambah jumlah kesadaran usaha Anda.

    4. Pasang Iklan di Facebook dan Google

    Iklankan restoran Anda secara online karena dapat memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens  (pendengar) yang sangat spesifik menggunakan Facebook dan Google Ads. Anda dapat menyaring (filter) audiens Anda secara fokus berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lainnya.

    Terlebih lagi, dengan pemasangan iklan menggunakan Google, Anda bahkan dapat menentukan peringkat untuk kata kunci yang mengandung nama pesaing Anda.

    Beriklan menggunakan Facebook atau Google memang membutuhkan biaya, tetapi jika dilakukan dengan benar maka bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif.