Wednesday, November 13, 2019

Ternyata!! Digital Marketing Dapat Mengembangkan Bisnis MLM

Apa Yang Dimaksud MLM (Multi Level Marketing)


MLM (Multi Level Marketing) adalah strategi pemasaran yang membuat tenaga penjual tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan yang berhasil mereka dapatkan, tetapi juga mendapatkan keuntungan penjualan dari tenaga penjual lain yang telah direkrut terlebih dahulu.





Bisnis MLM (Multi Level Marketing) biasanya menjual produk seperti obat-obatan hingga kecantikan. Dari sana, produk tersebut ditawarkan kepada orang-orang di sekitar tenaga penjual. Ya, bisnis MLM lebih identik dengan pemasaran mulut ke mulut sehingga lebih bisa mendapatkan kepastian dalam penjualan.

Alasan Mengapa MLM Menggunakan  Digital Marketing




1. Berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan

Jika sudah memiliki tim sales yang sudah terstruktur dan memang punya “mental dagang” maka bisa dipastikan  penghasilan akan terus bertambah dan berlipat ganda.

Sementara itu, jika bekerja di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah, pendapatan dibatasi sesuai dengan upah yang disesuaikan dengan peraturan dan undang-undang tenaga kerja. Potensi meraih keuntungan yang berlipat ganda inilah yang menjadi alasan kenapa bisnis MLM akan tetap bertahan di era digital sekarang.

2.Tidak membutuhkan karyawan

MLM bisa diibaratkan seorang reseller. Untuk menjualnya, seseorang tidak membutuhkan karyawan tambahan. Malahan dengan merekrut orang atau dikenal dengan istilah Downline  ini penghasilan justru bertambah.

Hal inilah yang memungkinkan bahwa bisnis MLM akan tetap tumbuh dan dipilih sebagai salah satu sumber pendapatan uang.

3. Tidak memerlukan stok barang

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, pekerjaan ini hampir terlihat mirip dengan reseller. Jika kamu ingin mencoba bisnis ini, maka tidak perlu menempatkan barang-barang dari produk yang kamu tawarkan. Produk-produk tersebut akan tersedia jika si pembeli sudah setuju akan membeli barang tersebut.

Terlebih lagi MLM merupakan bisnis networking, dan lebih menekankan kepada kemampuan komunikasi dan meyakinkan bahwa apa yang kamu tawarkan dan jual berhasil mempengaruhi dan membuat seseorang tersebut ikut bergabung sebagai Downline.

4. Lebih bebas

Dalam bisnis MLM membangun networking memungkinkan kamu melakukannya sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Jadi, fleksibilitas dan kebebasan dalam menjalankan bisnis ini bisa kamu sesuaikan dengan waktu luang dimiliki.

Apalagi, pekerjaan ini tidak harus dilakukan mengikuti jam kantor yang dimulai dari pagi hingga sore hari. Menawarkan sistem MLM dan membangun networking pun bisa dilakukan malam hari atau saat bersosialisasi di tempat-tempat tertentu. Pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan.

5. Penawaran akan mimpi besar

Seperti yang diketahui, seseorang yang menggeluti MLM biasanya pandai memainkan kata-kata motivasi yang membangun dan menciptakan bahwa seseorang akan mau diajak atau terlibat dalam prosesnya.

Di sinilah peran komunikasi seseorang yang pandai dalam membangkitkan motivasi, karena dengan kalimat-kalimat yang diucapkannya akan membantu banyak orang untuk “bermimpi” memiliki kehidupan yang lebih baik.


Apakah Digital Marketing Membantu Mengembangkan Bisnis MLM

Perkembangan tekonologi di era digital ini berjalan cepat. Orang-orang baik yang menekuni bisnis atau tidak menggunakannya untuk berbagai hal. Nah, mau tidak mau, kita juga harus mampu memanfaatkannya secara optimal untuk mengembangkan bisnis jika tidak ingin tertinggal jauh dari kompetitor.

Perusahaan serta toko-toko besar sekarang mulai menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis, karena mereka makin menyadari pentingnya memasarkan dengan mudah produk/layanan. Internet marketing atau pemasaran dengan internet tidak hanya mempercepat proses pemasaran tetapi juga memudahkan (calon) pelanggan.

Bisnis yang hanya mengandalkan cara-cara konvensional dan mengabaikan manfaat internet sudah bisa dipastikan kalah dengan bisnis yang mengoptimalkan fungsi internet.

Jika Anda menjalankan bisnis jejaring, maka menggunakan internet adalah keharusan karena Anda bisa menjangkau member yang tidak hanya berasa dari kota Anda, tetapi juga luar kota bahkan luar negeri. Anda juga akan lebih mudah menjangkau prospek tanpa Anda melakukan perjalanan yang membutuhkan banyak biaya.

Digital Marketing Untuk MLM


Digital marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara, berikut adalah beberapa saluran utama yang pasti digunakan.





  • SEO
  • Konten video online
  • Pay Per Click (PPC)
  • Pemasaran email
  • Pemasaran di jejaring sosial (Facebook, Twitter, LinkedIn, dll.)
  • Pemasaran seluler (SMS, MMS, dll.)

Ketika pengunjung mengunjungi situs web, langkah pertama adalah memeriksa produk dan kemudian pergi tanpa membeli apa pun. Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah yang datang dan pergi lebih besar daripada kelompok pelanggan yang membeli.

Pemasaran digital membantu pemilik bisnis memanfaatkan strategi dan solusi network marketing dengan digital marketing yang telah terbukti, yang tidak hanya menarik banyak lalu lintas, tetapi juga lalu lintas potensial yang berubah menjadi membeli produk MLM maupun peluang usaha yang ditawarkan.

Beberapa Aturan yang harus anda ketahuI dalam digital marketing (pemasaran digital) :

  • Targetkan segmen dan buat komunitas virtual.
  • Perluas peran merek dalam portofolio secara global.
  • Gunakan hadiah kreatif.
  • Prioritaskan desain untuk konsumen.
  • Gunakan eksperimen adaptif.
  • Mencari  kembali riset marketing dan model sebagai menciptakan pengetahuan.
  • Langkah pemasaran digital

Dalam kegiatan pemasaran digital atau digital marketing, ada hal yang harus anda kuasai yaitu Kesadaran, Minat, Keinginan dan Tindakan khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau layanan ke pasar (konsumen).