Monday, November 18, 2019

Manfaat Dan Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Console

Google Search Console 


Google search console adalah salah satu tools / alat untuk memonitor bagaimana kinerja website untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile,hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.


Manfaat Google Search Console


1. Temukan Keyword ( Kata Kunci ) Populer untuk Bisnis Anda


Setiap halaman web yang sudah diupdate belum tentu langsung mendapat perhatian oleh mesin pencarian seperti Google. Sehingga, saat pengguna internet melakukan pencarian, bisa jadi halaman website Anda masih belum dapat ditemukan.

Pengunjung menemukan website Anda melalui bermacam-macam kata kunci. Google Search Console membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Tool ini akan memberi informasi mengenai total munculnya website Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali website Anda diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate). Dengan begitu Anda bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

2. Identifikasi Halaman Paling Populer


Search Traffic adalah data terkait performa kunjungan dan aktivitas website secara real time. Semakin tinggi traffic web, seharusnya semakin memberikan keuntungan bagi optimasi website. Sehingga melalui data traffic web ini, para webmaster dapat melakukan perubahan pada halaman website berdasarkan tinggi dan rendahnya traffic.

Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

3. Mengetahui  Datangnya Pengunjung


Google Search Console juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung website Anda. Fitur ini akan membantu Anda untuk memahami demografi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat.

Sama halnya dengan, Coverage ( cakupan ) adalah laporan yang menampilkan posisi indexing setiap URLs halaman website Anda baik yang telah dikunjungi atau yang sedang dicoba untuk dikunjungi oleh Google. Laporan ini berupa status yaitu error, warning dan valid. Selain itu terdapat juga alasan bagi setiap status, misalnya penyebab error.

4. Mengidentifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Oleh Pengunjung


Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.Berikut Contohnya :




5. Periksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile


Anda bisa saja mengecek apakah website Anda sudah diakses di perangkat mobile dengan membukanya di smartphone Anda sendiri. Sayangnya cara tersebut kurang akurat karena Anda hanya menggunakan penilaian subjektif Anda sendiri. Anda bisa memeriksa kinerja website Anda di perangkat mobile menggunakan bantuan Google Search Console. 

Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu Anda untuk mengecek kompatibilitas website di perangkat mobile. Selain itu, Google Search Console juga akan memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile.

Mobile usability adalah fitur yang melaporkan status terkait kondisi halaman apabila pengunjung melihat tampilan halaman menggunakan perangkat mobile contohnya seperti smartphone. Apabila terdapat problem (issue), Anda dapat mengklik dan melihat secara lebih detail seperti list halamannya, bagaimana cara memperbaikinya dan menghubungi Google tentang perbaikan yang sudah dilakukan.

6. Cari Tahu Backlink ke Website Anda


Backlink adalah salah satu hal yang penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Bagi siapa pun yang berkecimpung di ranah SEO, fitur satu ini cukup penting untuk Anda ketahui, yaitu Links to Your Site.

Fitur tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website Anda. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink.

7. Periksa Broken Link ( Link Rusak )


Selain identifikasi backlink, mengidentifikasi link juga dapat dilakukan di dalam google console itu sendiri.inspeksi url atau link juga harus dilakukan untuk melihat website kita, apakah website kita itu benar-benar sudah terlihat dengan pembaca atau masi ada yang belum terlihat atau error.

Jadi Anda bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

8. Submit Sitemap


Anda bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl ( menemukan,memindai ) di website Anda sehingga Google bisa mengidentifikasi website Anda lebih cepat.Fungsinya untuk menambahkan setiap postingan yang ada di blog anda dapat di index google atau dapat langsung masuk ke halaman mesin pencari.



Cara Mendaftarkan Blog Anda Ke Google Console

1. Membuat Akun gmail


Tool ini merupakan produk google. Sehingga untuk mendaftarkan website Anda, perlu memiliki akun gmail terlebih dahulu. Apabila belum memiliki, tinggal mendaftar dan membuat akun gmail. Setelah memiliki akun gmail, Anda tinggal login dan masuk ke google search console.


2. Memasukkan Alamat Domain Atau Url


Selanjutnya adalah memasukkan nama domain atau url milik website Anda. Tampilan ini berbeda dengan webmaster sebelumnya yang langsung mengarah untuk memasukkan url kemudian meng-klik “add property”.


Pilihlah yang "Awalan URL", lalu masukkan url blog anda Mengapa kita harus memilih yang "awalan url" karena yang awalan tersedia secara gratis sedangkan yang domain itu pra-bayar.

3. Melakukan Verifikasi


Selanjutnya adalah melakukan verifikasi.melakukan verifikasi ini masih harus memilih beberapa metode yaitu HTML file, HTML tag.Pada tampilan yang baru, verifikasi telah dilakukan secara otomatis sehingga langsung meng-klik buka property.



Lalu salin lah kode tag html tersebut di dalam blog anda.



4. Menggunakan Google Search Console


Setelah terverifikasi, kemudian buka property dan Anda akan masuk ke dalam tool. Selanjutnya Anda bisa menggunakan google search console untuk melakukan konfigurasi, memeriksa performa, mengindex halaman dan lain-lain.